taman lampion jogja

Tempat Wisata Taman Lampion Jogja Yang Instagramable Banget!

Diposting pada

Taman Lampion Jogja – Taman Pelangi Monjali atau Taman Lampion merupakan salah satu tempat wisata malam nan romantis yang sedang populer di Sleman, Jogja. Taman ini berada di pelataran Museum Monumen Jogja Kembali / Monjali. Taman ini selalu ramai dikunjungi para kalangan muda dan keluarga.

Lokasi dan rute menuju taman lampion jogja

Taman lampion ini terletak di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik – Kabupaten Sleman, Jogja.  Lokasi wisata ini terbilang strategis dan mudah ditemukan. Anda sudah bisa melihat berbagai lampion yang berwarna-warni terang di pinggir jalan yang sudah dapat anda lihat dari kejauhan.

Dari arah tugu Jogja bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit jika jalanan lancar dan jalan santai. Jika anda baru pertama kali datang ke sini, anda bisa menggunakan GPS agar tidak nyasar dan cepat sampai tempat tujuan.

Waktu buka Taman Lampion Jogja

  • Hari Senin – Kamis: Jam 17.00 – 22.00 WIB.
  • Hari Jumat – Minggu : 17.00 – 23.00 WIB.

Khusus hari Minggu wahana permainan yang ada di Taman Lampion Jogja ini buka mulai dari pagi hari.

Harga tiket masuk taman Lampion Jogja.

  • Hari Senin – Kamis : Rp 15.000,- per-orang.
  • Hari Jumat – Minggu & hari libur : Rp 20.000 per-orang.

Buat rombongan dengan jumlah orang lebih dari 30 orang, bisa dapat diskon sebesar 20% dari harga tiket.

Romantisme di Taman Lampion Jogja

wisata taman lampion jogja

Taman Monjali ini selain disebut sebagai Taman Lampion Jogja, terkadang sering disebut sebagai Taman Pelangi. Alasannya karena banyak lampu lampion di sini dengan berbagai bentuk dan berwarna-warni serta cerah seperti pelangi.

Tak usah heran jika banyak wisatawan dari Jogja maupun luar Jogja yang ingin mengabadikan momen dengan berfoto ditempat ini. Tempat ini juga memiliki latar belakang Monumen Jogja Kembali yang membuat hasil foto anda lebih bagus.  Banyak spot foto ditempat ini yang akan membuat anda menjadi lebih hits di sosial media.

Dalam jangka waktu beberapa bulan sekali, lampion-lampion yang ada di taman ini akan diganti atau ditambah. Entah itu warna baru, bentuk baru atau variasi lampu yang baru dari sebelumnya. Hal  ini dikarenakan setiap wisatawan yang berkunjung akan mencari spot baru yang kekinian dan ter-update.

Dengan adanya penggantian dan penambahan lampion-lampion baru juga akan menambah daya tarik wisatawan untuk tetap mengunjungi tempat ini. Ada bentuk baru di Sebelah Utara taman ini seperti lampion yang berbentuk beruang.

Di sebelah Utara kolam terkadang ada event khusus seperti musik band atau pun hanya akustikan saja. Event ini bertujuan untuk menghibur wisatawan yang datang dengan ditemani lampion dan gazebo yang bernuansa romantis.

wisata taman lampion di jogja
https://hobiwisata.com

Beberapa waktu yang lalu juga ada penambahan taman lampion yang terletak pada sebelah timur , dekat dengan Puri Hantu. Di wilayah timur ini anda dapat melihat berbagai macam jenis dan warna lampion yang berada di atas rerumputan.  Di bagian tengah taman juga ada lampion berbentuk dinosaurus yang besar seperti sedang memakan mangsanya.

Para pengunjung tidak diperbolehkan menyentuh atau merusak lampion yang ada. Biasanya banyak papan peringatan dibeberapa titik Taman Lampion Jogja yang mudah terbaca oleh para pengunjung.

Di sebelah selatan taman ada sebuah kolam yang memiliki banyak ikan air tawar dari mulai ukuran sedang hingga besar. Meskipun ikan-ikan ini hanya hiasan saja, namun anda dapat bermain dengan mereka. Caranya anda dapat membeli umpan yang diberikan kepada ikan-ikan tersebut, maka ikan tersebut akan datang ke arah anda.

Wahana di Taman Lampion Jogja

Di taman ini juga terdapat wahana bermain yang dapat anda coba. Ada wahana trampolin dengan tiket masuk seharga Rp 10.000,-. Ada Kora-kora atau perahu ayun dengan tiket seharga Rp 15.000,-. Terakhir ada wahana Euro Bungee dengan tiket seharga Rp 20.000.

wajah presiden taman lampion jogja
https://travelingyuk.com

Di sini juga ada becak mini yang dapat anda gunakan untuk berkeliling dengan harga sebesar Rp 10.000,-. Naik boom-boom car seharga Rp 10.000,-. Naik safari train seharga Rp 10.000,-. Sepeda listrik seharga Rp 15.000,-. Jika anda berminat untuk masuk ke dalam Puri Hantu, anda dapat berjalan ke sebelah timur taman dengan tiket seharga Rp 10.000,-. Disepanjang perjalanan, anda dapat menemukan beberapa lampion yang berbentuk wajah para presiden Indonesia.

Fasilitas di Taman Lampion Jogja

Beberapa fasilitas penunjang wisata sudah terbilang lengkap. Area parkir yang disediakan cukup luas, musolah, toilet umum, wahana bermain dan ada beberapa warung makanan dengan harga yang terjangkau. Tak lupa di sini juga tersedia toko oleh-oleh bagi wisatawan dari luar Jogja.

Jika anda ingin lebih puas berfoto-foto ditempat ini, maka disarankan bagi anda untuk datang bukan saat hari libur. Karena pada saat liburan tempat ini akan ramai dan padat pengunjung sehingga anda akan terbatas dalam menentukan spot foto. Saat anda liburan ke Jogja, tempat ini menjadi rekomendasi bagus untuk wisata malam di Jogja.