Wisata Kuliner Jogja Siang Malam Selalu Ramai | 7 Wisata Kuliner di Jogja

Diposting pada

TRIPMAKER | Menelusuri wisata kuliner Jogja menjadi perjalanan menarik team kali ini. Tepatnya seteah pergantian tahun 2018 menjadi 2019 kami melakukan expedisi menjelajahi wisata kuliner di Jogja yang telah melegenda.

Tidak ada yang bisa menampik pesona dan daya tarik dari kota Yogyakarta. Kota ini tetap konsisten mempertahankan budaya Jawa di tengah modernisasi dunia. Hal inilah yang membuatnya terasa istimewa di hati para wisatawan. Untuk anda yang sudah pernah berkunjung ke kota ini, pastinya mempunyai harapan dapat berkunjung kembali.

Karena daya tariknya yang luar biasa inilah, Yogyakarta setiap waktu selalu berinovasi dengan menambah tempat-tempat wisata. Tidak hanya lokasi wisata budaya dan alam saja, Yogyakarta juga dapat memikat  perhatian dengan wisata kulinernya.

Agar saat anda berada di kota ini tidak bingung mencari lokasi istimewa untuk menikmati hidangan kuliner, pada kesempatan ini kami sudah merangkum dari berbagai sumber beberapa lokasi wisata kuliner di Jogja yang wajib anda kunjungi. Apa saja itu? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Daftar Wisata Kuliner Jogja Lengkap

Sebelumnya kami akan memisahkan 2 kategori wisata kuliner Jogja. Buat anda yang tidak suka jalan – jalan malam mungkin bisa mencari tempat makan di jogja yang buka di siang hari. Tapi untuk Anda yang hobi jalan malam, coba tempat wisata kuliner malam Jogja yang cukup banyak pilihannya. Mulai dari gudeg hingga nasi goreng yang sudah sangat terkenal di kota Jogja ini. Yuk langsung aja siapkan alat tulis kamu dan masukan kedalam list perjalanan yang sudah kamu buat.

Wisata Kuliner Malam Jogja

Kita akan memulai perjalanan dengan menelusuri kuliner malam jogja yang rata-rata buka mulai pukul 6 sore hingga tengah malam. Bahkan ada beberapa tempat makan di Jogja yang buka selama 24 jam penuh. Berikut telah kami rangkum.

Gudeg Pawon

Menjadi Primadona Wisata Kuliner Jogja

Yogyakarta memang sangat erat kaitannya dengan gudeg. Gudeg merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang harus di coba jika berlibur ke kota ini. Makanan yang dibuat dari  nangka muda ini sangat mudah dijumpai di tempat makan di seluruh penjuru kota. Namun, bila anda mau merasakan sensasi gudeg di tempat yang berbeda, berkunjunglah ke Gudeg Pawon.

Tempat makan yang satu ini telah berdiri dari tahun 1958, dan melayani pembelinya langsung dari pawon (dapur). Ditempat ini anda dapat menyaksikan tungku sederhana yang dipakai untuk memasak gudeg. Walaupun tempatnya biasa saja, tetapi kelezatan gudegnya tidak bisa diremehkan.

Gudeg merupakan pilihan tepat untuk Anda yang gemar melakukan wisata kuliner saat malam hari. Menyantap nasi gudeg, ayam serta ditambah segelas teh manis adalah sajian istimewa di tengah malam yang dingin. Disarankan untuk datang lebih awal karena tempat ini selalu ramai  pengunjung setiap hari.

  • Alamat: Jl. Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.
  • Buka dari : 22:30 – habis.

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng memang bisa anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia, tetapi tidak ada salahnya mencoba nasi goreng istimewa yang satu ini. Nasi goreng Beringharjo ini sudah berdiri dari tahun 1960 hingga sekarang, rasa nasi gorengnya pun tidak berubah karena tetap memakai resep leluhur yang masih terjaga.

Di tempat ini, Anda bisa memesan nasi goreng babi atau ayam. Walaupun selalu ramai pembeli, tetapi Anda tidak akan menunggu lama sampai pesanan siap. Hal ini karena nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah yang banyak, trtapi tetap disajikan dalam kondisi hangat dan nikmat. Disamping nasi goreng, menu lainnya yang bisa anda cicipi yaitu bakmi goreng, bihun goreng, dan babi kecap.

  • Alamat: jl. Pabringan 1, Yogyakarta
  • Buka mulai : 19:00 – habis.

Angkringan Lik Man

Angkringan di kota ini tidak hanya menjadi lokasi kuliner rakyat yang murah meriah, tetapi juga merupakan sebuah budaya. Di angkringan, para pengunjung dapat berkumpul dan bercengkrama tentang apa saja. Angkringan sangat mudah ditemui di Yogyakarta, dan ada satu angkringan yang terkenal, yakni Angkringan Lik Man. Yang membuat angkringan ini istimewa yaitu karena merupakan angkringan pertama di Yogyakarta dari tahun 1969. Menu yang disuguhkan pun sama seperti angkringan lainnya, misalnya nasi kucing, sate telur puyuh dan beragam jenis gorengan. Menu andalan di angkringan Lik Man ini adalah kopi joss.

Uniknya dari kopi ini adalah dari segi penyajian yaitu dicampur dengan arang yang masih merah menyalak. Bunyi ‘joosss’ inilah yang membuatnya dikenal dengan Kopi Joss. Kopi Joss mempunyai rasa khas yang unik. Katanya, arang yang dicelupkan pada kopi ini dapat menetralkan kafein, sehingga aman dikonsumsi. Anda cukup merogoh kocek sekitar 10.000 – 15.000 Rupiah saja untuk menikmati nasi kucing dan Kopi Joss disertai lauk sederhana yang sangat nikmat.

  • Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta
  • Jam buka: 18:00 – habis.

Baca juga : tempat Wisata di Jogja terbaru Yang Wajib Kamu Kunjungi.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Salah Satu Wisata Kuliner Malam Jogja

Kuliner Sate Klathak Pak Pong ini sangat cocok bagi Anda pecinta sate kambing. Kuliner yang satu ini menyuguhkan sate spesial yang tidak akan Anda jumpai di tempat lain. Satenya mempunyai rasa yang khas dan nikmat. Sate ini hanya menggunakan bumbu sederhana seperti garam, merica dan kecap. Tiga bahan inilah yang menjadikan sate mempunyai rasa yang khas.

Selain bumbunya yang sederhana, alat yang dipakai untuk memasak pun berbeda. Pada umumnya daging dibakar memakai tusuk  sate yang dibuat dari bambu, kalau Pak Pong memakai jeruji besi sepeda. Katanya, memakai jeruji besi bisa membuat daging matang secara merata. Disamping itu, pemakaian tusuk jeruji besi sangat ramah lingkungan karena bisa dipakai berulang kali.

  • Alamat: Jl. Imogiri Bantul, Yogyakarta

Rumah Raminten

Rumah Raminten membuktikan bila menu tradisional dapat dihidangkan dengan cara berkelas dan elegan. Rumah Raminten merupakan salah satu rumah makan yang menyuguhkan menu tradisional Yogyakarta seperti wedang sereh, tahu bola, cunduk, brongkos, nasi kucing dan sate lilit.

Arsitek rumah makan ini juga nampak luar biasa. Anda dapat menjumpai sebuah mobil kuda di area luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda dapat menyaksikan ruangan arsitektur Jawa yang wanginya dupa khas.

Selain menu dan arsitekturnya, karyawan ditempat ini juga menggunakan pakaian khas yaitu berupa kemben Jawa. Di meja makan juga ada sebuah kentongan yang dipakai untuk memanggil pelayan bila Anda memerlukan sesuatu.

  • Alamat: Jl. FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta
  • Buka : Selama 24 jam

Wisata Kuliner Jogja di Siang Hari

Takut akan udara malam di kota jogja, maka kamu dapat menikmati berbagai wisata kuliner jogja pada waktu siang. Kami juga telah merangkum beberapa tempat makan di jogja yang bisa kamu jadikan piliihan untuk makan siang kali ini.

Banyu Mili Contry Club

Banyu Mili Contry Club adalah kawasan wisata kuliner di Jogja, dan juga tempat rekreasi keluarga. Rumah makan letaknya berada satu tempat dengan wahana air, hutan dan danau buatan. Sangat menarik sekali sebagai tempat rekreasi dan juga wisata kuliner yang cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Sehabis bermain air, anda bisa langsung memanjakan lidah dan perut. Menu unggulan di tempat ini adalah kepiting telur dan udang bakar madu. Kepiting dan udang yang dipakai adalah hasil budidaya sendiri, dan pastinya masih segar saat dimasak. Menu lainnya yang tidak kalah lezat yakni ayam goreng, gurame bakar, dan cumi bakar.

  • Alamat: Perum Griya Mahkota, Jl. Godean KM 4,5, Jogja.
  • Buka jam: 10:00 – 22:00 (Restoran) dan 07:00 – 18:00 (tempat rekreasi)

Bong Kopitown

Bong Kopitown adalah salah satu kawasan wisata kuliner di Jogja yang konsepnya seperti penjara. Bangunannya dibuat mirip penjara lengkap dengan jeruji besi di tiap ruangannya. Anda dapat melihat sipir penjara berdiri di belakang meja kasir dan narapidana berlalu lalang mengantarkan pesanan ke meja-meja makan pembeli.

Menu andalan yang disuguhkan di tempat ini antara lain sapo tahu, kopi tetes,  mie goreng dan rendang Malaysia. Saat duduk di kursi, jangan kaget bila Anda disodorkan selembar ‘koran’ yang isinya adalah daftar menu dan sejarah dari rumah makan ini.

  • Alamat: Jl. Sagan Kidul 4, Yogyakarta.
  • Buka jam : 10: 00-24:00

Mie Telap 12

Mungkin anda sering melihat gambar pada bungkus mie instan yang sangat cantik dan menarik, tetapi saat dimasak di rumah, mie jauh dari gambarnya. Nah,  di Mie Telap 12 anda akan  disajikan hidangan mie instan sama persis seperti gambar pada bungkusnya.

Bila anda memesan mie instan rasa rendang maka akan disajikan semangkok mie instan bersama dengan potongan daging rendang lengkap dengan topping seperti gambar pada bungkusnya. Untuk minuman, Anda dapat memesan aneka soda float dan milkshake.

  • Alamat: Jl. Pandean 10B, Yogyakarta.

Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta adalah sebuah kafe susu yang sangat terkenal kelezatannya. Kalimilk mempunyai fans unik untuk pelanggannya yaitu Neneners. Di tempat ini, Neneners dapat mecicipi susu yang beraneka ragam rasa mulai dari durian, cookies, coklat dan berbagai snack. Porsi yang disughkan yaitu medium dan gajah. Untuk porsi gajah ukurannya sangat besar sehingga pastikan terlebih dahulu bila perut anda dalam keadaan kosong.

Untuk arsitektur, Kalimilk didesain semi terbuka dan tidak memakai AC, hanya kipas angin saja. meskipun begitu, Anda tidak perlu takut akan kepanasan, karena ada hembusan angin dari luar, tentu akan lebih sehat daripada angin dari AC.

  • Alamat: Jl. Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta
  • Buka jam : 11.00 – habis.

Demikianlah beberapa daftar wisata kuliner di Jogja yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke kota pelajar ini. Semoga ada manfaatnya, dan selamat berlibur.