Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja yang Instagramable Banget

Diposting pada

Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja – Tempat wisata ini terletak di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) memiliki luas sekitar 500 Ha. Dahulu kawasan hutan ini berfungsi sebagai hutan lindung, namu saat ini telah dikelola menjadi tempat wisata. Di lokasi ini tak hanya ditanam pohon pinus, ada juga jenis pohon mahoni, kemiri, kayu putih dan akasia.

Suasana di hutan pinus ini dikatakan mirip seperti hutan yang ada di Evergreen State. Hutan pinus Mangunan ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para fotografer. Hutan ini memiliki beberapa spot yang terlihat instagramable banget.

Hutan pinus Mangunan, Dlingo, Bantul juga kerap dijadikan salah satu destinasi favorit oleh para pesepeda dari sekitaran Yogyakarta. Jalurnya yang mendaki menjadi tantangan tersendiri, tak beda halnya dengan Tebing Keraton yang juga merupakan tempat berkumpulnya para pesepeda.

Berikut ini beberapa spot wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja yang Instagramable Banget

Gardu Pandang

Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja
https://www.alodiatour.com/wp-content/uploads/2018/12/Rute-menuju-Gardu-Pandang-Pinus-Asri.jpg

Di area Hutan Pinus Mangunan Dlingo terdapat gardu pandang yang dibuat pengelola dari kayu bambu. Dengan menaiki gardu ini, pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan hamparan hutan dari atas bukit. Tak heran jika gardu pandang ini dijadikan sebagai spot foto utama oleh para wisatawan. Pengunjung harus berhati- hati bila menaiki gardu ini serta tetap waspada dan memperhatikan kekuatan bangunannya.

Pertunjukan Seni

Di tengah hutan juga terdapat panggung pertunjukan yang cukup lega serta dilengkapi dengan bangku-bangku melingkar di sekelilingnya dan semuan itu dibuat dari kayu hasil hutan ini sendiri. Spot ini juga yang menjadi andalan Hutan Pinus Dlingo hingga terkenal sampai ke luar negeri. Di tempat ini sering diadakan pertunjukan seni seperti teater, musik, dan sastra lainnya. Panggung ini berkonsep terbuka dengan background jejeran pohon pinus yang tinggi.

Photo Hunting

Hutan Pinus Mangunan Jogja
https://img.inews.id

Hal yang wajib untuk dilakukan di hutan ini adalah hunting foto. Hampir semua sudut hutan ini sangatlah fotogenic. Gardu pandang, tempat pertunjukan, dan juga pohon-pohon pinusnya itu sendiri memang sangatlah bagus untuk dijadikan spot foto. Bila datang di waktu yang tepat, pengunjung akan mendapat pencahayaan yang sangat bagus untuk jadi magical momen. Berkas-berkas cahaya matahari yang masuk diantara batang pepohonan yang tinggi tentu menghasilkan foto yang keren. Magical momen biasanya berada pada pagi hari antara pukul 06.00- 10.00 atau sore hari pukul 15.00- 18.00. Tak heran banyak yang memanfaatkan waktu ini untuk foto-foto pre-wedding.

Wedding

 Hutan Pinus Mangunan
https://goodminds.id

Suasana hutan pinus mangunan kerap disebut-sebut mirip hutan di Forks atau kota-kota kecil di Evergreen State yang ada pada film Hollywood menjadikannya punya daya tarik tersendiri bagi mereka para pencinta fotografi dan penggila selfie. Maka tak heran jika hutan pinus ini sering didatangi hanya untuk keperluan fotografi termasuk pre-wedding. Bahkan pokdarwis setempat sengaja membangun spot khusus untuk keperluan pemotretan pre-wedding. Selain view deretan pohon pinus yang mempercantik background foto, terdapat filosofi menarik tentang pohon pinus sebagai lambang cinta orang Korea. Pohon pinus yang berbatang tegak lurus merupakan simbol cinta yang lurus dan tidak bercabang-cabang. Sedangkan daun pinus yang selalu tampak hijau diibaratkan sebagai cinta yang tak pernah berakhir.

Cara Menuju Hutan Pinus Mangunan

 

Berhubung belum adanya transportasi publik yang melayani rute hingga kawasan hutan pinus maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Dari Yogyakarta bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogiri Timur – Pertigaan Imogiri belok kiri ke arah Makam Raja Imogiri – Mangunan – Hutan Pinus Mangunan. Jangan lupa, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan yang fit dikarenakan medan jalanan yang cukup menanjak.

Lokasi dan Tiket Masuk

Wisata Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Tidak ada tiket masuk yang perlu dibayarkan. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat (mobil). Untuk kendaaran besar seperti bis, dikenakan parkir sebesar Rp 20.000. Sedangkan bagi Anda yang ingin menggelar foto pre-wedding, cukup menyiapkan Rp 50.000 saja untuk izinnya. Sangat terjangkau bukan, mengingat belum adanya tiket atau retribusi yang dibebankan kepada pengunjung.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo

https://1.bp.blogspot.com

Hutan Pinus Mangunan Dlingo berada dekat dengan lokasi Hutan Pinus Becici tepatnya di Jalan Hutan Pinus, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya skitar 23 Km dari Pusat Kota Yogya dan dapat ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua.

Mempunyai impian untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan yang unik? Rasanya hutan ini bisa jadi salah satu pilihan alternatif untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sejak adanya salah satu artis yang melangsungkan pernikahannya di ruangan outdoor di hutan pinus beberapa waktu lalu, maka dari situlah garden party wedding dengan tema rustic pun seketika menjadi hits dan tren di kalangan kawula muda. Pelataran di area pertunjukan seni dapat dijadikan sebagai venue untuk acara pernikahan. Dekorasinya pun tak perlu lagi banyak detail yang digunakan karena sudah disediakan oleh alam, yaitu nuansa pohon pinus itu sendiri sepertinya sudah cukup menampilkan kesan yang romantis.

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Seperti parkiran yang luas dan juga sudah dibangun gardu pandang di atas pohon guna menikmati keindahan sekitar dari ketinggian. Disarankan tetap berhati-hati dan bersabar untuk antre, dikarenakan kapasitas gardu pandang di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini masih terbatas.

Bagi Anda traveler maupun backpacker muslim, tidak perlu khawatir jika sudah tiba waktunya shalat. Karena disini juga sudah dibangun musholla kecil yang setidaknya dapat menampung para wisatawan yang hendak menjalankan ibadah shalat di area wisata Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul.

Tips Wisata di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul

Jika Anda ingin berkunjung kesini ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi. Sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Namun tetap harus hati-hati ketika datang musim hujan karena jalanan cukup licin terutama saat diguyur hujan. Begitu juga kondisi hutan pinus akan sedikit berkabut yang mengakibatkan jarak pandang sangat terbatas.

Apabila terpaksa menggunakan kendaraan roda empat, gunakanlah kendaran yang cukup tinggi dan mampu menanjak dengan baik. Dikarenakan medan jalan cukup terjal dan juga mendaki. Usahakan kendaraan dikemudikan oleh yang sudah berpengalaman. Dan jangan lupa, parkir kendaraan dengan aman dan jangan sesekali meninggalkan barang berharga di dalamnya.