Tempat Wisata Pantai Selong Belanak, Keindahan Wisata di Lombok

0 112

Nama wisata pantai selong belanak Lombok ini memang sudah tak asing lagi di dalam jajaran destinasi wisata yang terbaik dan terindah di Pulau Lombok. Pantai selong belanak adalah salah satu dari sekian banyaknya wisata pantai di sana, sekaligus jadi yang paling terkenal.

Memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 1 kilometer, mampu memberi ruang yang cukup luas untuk para wisatawan bermain pasir atau air. Akan tetapi, sudahkah Anda tahu bila salah satu bagian pantai tersebut juga mempunyai mitos kutukan yang pastinya sangat mengerikan?

Anda yang sedang ada di objek wisata pantai selong belanak tampak sebuah pulau kecil yang berbentuk segitiga dihadapan Anda. Yang mana, pulau tersebut oleh masyarakat setempat diberikan nama sebagai Pulau Gunung Wayang yang telah merujuk kepada bentuknya yang mirip seperti gunung berbentuk segitiga, sama halnya dengan gunungan yang ada di pementasan wayang kulit.

Tempat Wisata Pantai Selong Belanak Lombok

Adanya gunung yang ada di tempat wisata tersebut selain mempercantik dan memperindah lanskap pantai selong belanak Lombok ternyata juga menyimpan misteri. Yang mana, Pulau Gunung Wayang ini tampak dari pesisir pantainya sangat disakralkan suku Sasak, yang merupakan masyarakat asli di kawasan tersebut. Orang atau pun wisatawan sangat dilarang keras seenakanya berkunjung ke pulau ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari pemangku adat.

Ganjaran bagi yang nekad datang ke tempat tersebut adalah kematian. Tidak hanya karena hukuman mati akan tetapi lebih kepada mitos kutukan yang sangat mengerikan. Jadi, siapa saja yang datang ke tempat tersebut tanpa izin, konon akan mendapat kutukan kematian.

Wisata Di Selong Belanak

Masyarakat setempat turut mengamini mitos tersebut dengan berkata bahwasanya sudah ada bule yang nekad ke sana dan pada akhirnya mendapat nasib yang nahas hingga akhirnya bule tersebut meninggal.

Rute Menuju Pantai Selong Belanak

Salah satu cara mendatangi Pulau Gunung Wayang yang aman adalah meminta izin terlebih dahulu dari pemangku adat suku Sasak yang bernamakan Amaq Salmah. Ia nantinya akan membuat ritual khusus terlebih dulu sebagai salah satu upaya memintakan izin kepada penunggu pulau sebelum akhirnya mengantarkannya menuju ke pulau.

Namun, terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, yang pasti dengan adanya mitos yang seperti itu akan semakin menambah daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke sana. Bisa jadi ini merupakan salah satu cara dari bentuk kearifan lokat tentang konservasi alam, supaya kawasan tersebut tak sampai tereksploitasi berlebihan, sehingga kelestariannya pun tetap terjaga dengan baik.

Demikanlah sekilas informasi menarik tentang wisata pantai selong belanak Lombok dengan mitos kutukan kematian. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.