Tempat Wisata Alam Bukit Bangkirai Kalimantan Timur

Diposting pada

Bukit Bangkirai – Pulau Kalimantan cukup terkenal karena memiliki banyak hutan dan sungai di setiap penjuru daerah. Maka tak heran saat bertandang ke pulau ini anda akan disuguhi dengan keindahan alam yang masih sangat alami. Berkunjung ke pulau kalimantan, tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri untuk berwisata ke beberapa tempat yang cukup terkenal di daerah ini.

Salah satu tempat wisata yang cukup familiar di telinga para wisatawan adalah wisata alam bukit Bangkirai yang berlokasi di daerah karya meredeka, semboja, kutai kartanegara, Kalimantan Timur. Di tempat wisata ini banyak menyuguhkan suasana hutan hujan tropis yang sangat sulit ditemukan didaerah lain karena cukup jarang ditemukan. Maka objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata andalan masyarakat Kalimantan timur.

Di wilayah Kalimantan timur sendiri, hutan hujan tropis yang dijadikan sebagai objek wisata adalah bukit bangkirai yang memiliki keindahan yang masih cukup alami. Bukit ini memiliki luas kurang lebih sekitar 1.500 hektar, diarea perbukitan sendiri terdapat banyak pepohonan yang tumbuh dengan subur. Bahkan setiap pohon yang ada di hutan tersebut memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan ukuran diameter 3 meter.

Dengan banyaknya pohon yang menjulang tinggi di bukit tersebut maka oleh masyarakat setempat kemudian dinamai dengan bukti bangkirai. Di dalam kawasan hutan terdapat banyak satwa yang dibiarkan hidup secara bebas disana, oleh karena itu selain dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang menarik. Bukit bangkirai juga bisa menjadi sarana belajar anak-anak secara efektif.

Dengan beriwisata ke bukit bangkirai anda bisa mengenalkan kepada putra putri berbagai jenis tumbuhan serta satwa yang ada di lingkup hutan. Oleh pemerintah setempat, kawasan hutan ini menjadi sebuah kawasan konservasi yang memiliki tujuan untuk melestarikan hutan hujan tropis dari kepunahan.

Keunikan Tempat Wisata Bukit Bangkirai

Kawasan hutan lindung di bukit bangkirai memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan hutan kebanyakan. Disini anda akan menemukan akar pohon atau biasa disebut dengan banir yang berukuran sangat besar dan nampak indah. Tentu pemandangan tersebut terbilang cukup langka bagi para wisatawan. Banir tersebut menjadi salah satu daya tarik tempat wisata bukit bangkirai yang menarik. Banyaknya pepohonan ditambah dengan akar banir yag cukup banyak tentu akan terlihat lebih unik.

Tempat wisata Bukit Bangkirai Kalimantan
Uji nyali menyebrangi jembatan gantung

Jembatan Gantung Bukit Bangkirai

Bagi anda para pecinta wahana ektreme yang mampu memancig andernalin bisa mencoba beberapa wahana yang disediakan dikawasan ini. Di Bukit bangkirai selain keindahan alam yang banyak disuguhkan terdapat pula beberapa tempat menantang yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Salah satunya adalah jembatan gantung yang menghubungkan satu pohon dengan pohon yang lain diatas ketinggian.

Saat anda berjalan diatas jembatan akan terasa seolah kaki tarayun diketinggian. Hal ini tentu cukup mendebarkan bagi sebagian wisatawan yang belum terbiasa. Namun jembatan gantung ini cukup menyita perhatian para pengunjung. Banyak yang penasaran ingin mencoba menyusuri jembatan tersebut. Pasalnya jembatan gantung bukit bangkirai merupakan satu-satunya jembatan gantung yang ada di Indonesia.

Bahkan tercatat bahwa jembatan ini mperupakan jembatan kedua yang ada di kawasan asia. Jembatan ini dibangun diatas pepohonan dengan cara digantung di ketinggian 50 meter, tentu dengan menyusuir setiap jengkal jembatan akan menciptakan sensasi yang luar biasa dan menjadi pengalaman yang sangat menarik tentunya.

Ketika berada di atas jembatan terkadang semilir angin yang berhembus menerpa tubuh membuat jembatan gantung sedikit bergoyang. Sehingga para pengunjung yang berada diatas jembatan merasa terombang ambing. Jembatan gantung Bangkirai memiliki panjang kurang lebih sekitar 65 meter, untuk dapat mencapai jembatan ini para pengunjung harus menyusuri track berupa anak tangga yang terbilang cukup tinggi.

Meskipun harus berpacu dengan adrenalin, saat berada diatas jembatan anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat mengagumkan. Hutan yang ada di kawasan bangkirai menjadi salah satu penyumbang utama paru-paru dunia, karena banyak pepohonan yang masih tumbuh dengan subur dan terawat  di kawasan wisata ini.

Cara Menuju Bukit Bangkirai

Saat berwisata di bukit bangkirai tentu anda tak bisa melewatkan kesempatan begitu saja untuk tidak mengabadikan setiap momen yang terjadi di objek wisata ini. Tempat wisata bukit bangkirai terbilang cukup jauh dari pusat kota sekitar 58 kilometer. Jarak tempuh dari kota balikpapan sekitar 1,5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. jalan menuju objek wisata ini cukup baik sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat maupun kendaraan bus.

Rute jalan yang harus anda lalui untuk menuju ke objek wisata bukit bangkirai juga cukup mudah. Jika anda datang dari kota Balikpapan silahkan menuju jln. soekarno-hatta dangan jarak tempuh sekitar 7km. Ketika tiba di jalan tersebut anda bisa melihat gerbang masuk ke bukit bangkirai, namun untuk sampai ke objek wisata ini saat menggunakan kendaraan anda harus berhati-hati karena tekstur tanah yang sedikit bergelombang namun tetap bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan umum seperti bus.

Di kawasan tempat wisata bukit bangkirai telah disedikan berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung seperti tempat parkir kendaraan, toilet, restoran yang menyediakan berbagia jenis hidangan khas kalimantan, gedung pertemuan yang bisa digunakan untuk gathering. selain itu bagi para wisatawan yang ingin menginap, juga disediakan beberapa cottage dengan fasilitas kamar ber AC.

Bagi para wisatawan yang ingin menginap dengan sensasi berada dialam bisa menggunakan jugle cabin. namun untuk fasilitas ini sengaja oleh pihak pengelola tidak disediakan listrik, hal ini bertujuan agar para pengunjung dapat menikmati kehidupan layaknya dialam bebas tanpa adanya bantuan listrik.

Harga Tiket Masuk Bukit Bangkirai

Objek wisata bukit bangkirai selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan keluarga baik yang datang dari wilayah kalimantan atau dari liar pulau. Saat hari libur tiba, kawasan ini selalu padat dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati kesejukan dan keindahan hutan lindung bangkirai. Untuk tiket masuk, setiap pengunjung mempunyai tarif masuk Rp.3500/ orang untuk kalangan dewasa, sedangkan untuk anak-anak Rp.1500/ anak.

Lalu untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3000 pada kendaraan roda dua serta untuk roda empat sebesar Rp. 5000. Jika para pengunjung ingin naik ke jembatan gantung maka akan dikenakan tiket Rp.20.000/ wisatawan domestik dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 50.000/ orang. Meskipun tiket yang dikenakan sedikit lebih mahal namun sensasi bergelayutan diatas jembatan menjadi sebuah moment yang tak bisa dilupakan sepanjang masa.

Jika anda berminat berkunjung ke tempat wisata bukit bangkirai ini disarankan untuk datang lebih awal. Objek wisata ini mulai dibuka pada pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Saat anda datang lebih awal, kesejukan udara pagi masih sangat terasa. Dedaunan yang masih basah oleh air embun menjadikan suasana nampak syahdu. Nikmati keseruan bersama keluarga disaat hari libur dengan berwisata alam di bukit bangkirai kalimantan timur.