17 Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Yang Bisa Di Buat Berenang

Diposting pada

Air Terjun di Bandung – Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki wisata air terjun eksotis. Dimana air terjun di kota Bandung ini masih asri dan memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu wisata air terjun di kota Bandung bisa digunakan untuk berenang.

Buat anda yang memiliki hobi berenang, maka wisata air terjun di Bandung yang bisa digunakan untuk berenang ini cocok untuk anda baca. Selain air terjunnya jernih, wisata air terjun yang kami sebutkan juga aman untuk anda berenang. Jika anda berenang di air terjun maka wajib untuk membawa kamera gopro atau kamera anti air, agar anda bisa mengabadikan momen berenang di air terjun ini.

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata di Tapanuli Selatan, wisata air terjun di Bandung ini juga memiliki ciri khas. Dimana ia memiliki keindahan alam yang berbeda dengan wisata air terjun di daerah lainnya. Udara segar di tempat wisata air terjun akan membuat anda betah berlama-lama di sini.

Daftar Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Yang Bisa Untuk Berenang

Selain itu wisata air terjun di Bandung menyajikan sarana prasana yang memadai untuk para wisatawannya. Lokasinya yang mudah dijangkau oleh kendaraan, menjadi salah satu faktor kenapa wisata air terjun di kota Bandung ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nah buat yang sudah penasaran mengenai tempat wisata air terjun di Bandung ini, silahkan anda simak informasinya dibawah ini.

Wisata Air Terjun di Bandung Curug Cipanji

Tempat Wisata air Terjun di Bandung Curug CIpanji

Buat warga Bandung pastinya sudah tidak asing lagi dengan Curug Dipanji ini. Lokasinya yang jauh dari permukiman warga, membuat pemandangan alam dan air disini masih jernih serta asri. Curug Cipanji memiliki keunikan tersendiri dimana air terjunnya bertingkat. Lokasinya sendiri terletak di bawah kaki Gunung Cipandi, Ciwidey.

Air Terjun di Curug Omas

Curug Omas diambil dari nama Bahasa Sunda yang memiliki arti banyak. Lokasinya berada di taman hutan raya IR. H. Juanda. Air terjunnya mempunyai ketinggian sampai 30 meter. Namun sayangnya wisata air terjun ini tidak bisa digunakan untuk berenang.

Tempat Wisata Curug Cinulang

Wisata air terjun di Bandung selanjutnya adalah Curug Cinulang. Dimana Curug ini berada di antara perbatasan kota Bandung dan kota Sumedang. Curug ini memiliki ketinggian sampai 50 meter, sedangkan untuk elevasinya 1000 mdpl. Uniknya, Curug Cinulang mempunyai 1 air terjun kecil yang debit air di Curug tersebut tidak terlalu besar.

Wisata Curug Lalay Bandung

Curuh di Bandung yang satu ini mempunyai ketinggian 30 meter dan lokasinya berada tersembunyi di lembah. Uniknya curug ini mempunyai cerukan yang mirip sebuah goa yang berada di sebelah kiri Curug Lalay. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Bonggol, Cimahi Utara, Jawa Barat.

Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Curug Bubrug

Tempat Wisata air Terjun di Bandung Curug Bubrug

Tempat Wisata air terjun di Bandung yang terletak di desa Kertawangi, Parongpong, Bandung Barat ini mempunyai ketinggian 1050 meter. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini maka lebih baiknya berkunjungnya ketika hujan. Karena pada musim hujan, debit airnya lebih banyak dan pemandangannya lebih indah.

Wisata Air Terjun Curug Layung

Tempat Wisata curug di Bandung yang paling populer saat ini adalah Curug Layung. Dimana air terjun ini berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Dulunya lokasi tersebut dijadikan untuk latihan Kopassus, namun sekarang sudah tidak digunakan lagi sehingga dialih fungsikan menjadi tempat wisata air terjun. Jika datang kesini maka anda bisa berenang sambil menikmati pemandangan air terjun curug Layung.

Curug Batu Templek

Tempat Wisata air Terjun di Bandung Curug Batu Templek

Curug yang berada di Pasir Impun, Ujung Berung ini bisa anda kunjungi dengan mudah karena akses jalannya sudah tersedia. Ada keunikan tersendiri dari Curug Batu Templek ini yakni aliran airnya keluar dari bagian bebatuan. Fenomena alam ini jarang ditemukan pada wisata air terjun lainnya di Indonesia.

Curug Cimahi

Salah satu wisata air terjun terpopuler di Bandung adalah Curug Cimahi. Dimana Curug ini berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Kalau anda datang ketika malam hari ke Curug Cimahi, maka anda akan melihat pemandangan alam berupa cahaya yang mirip sebuah pelangi. Maka tidak heran jika Curug Cimahi dijuluki juga sebagai Curug Pelangi.

Curug Siliwangi

Dari sejarahnya, Curug ini dinamakan Siliwangi karena di air terjun tersebut ada kisah kehidupan dari Prabu Siliwangi. Selain dijadikan tempat wisata air terjun, Curug Siliwangi juga dianggap sebagai tempat keramat. Karena konon kabarnya, air Curug Siliwangi ini memiliki tuah dan dijaga oleh prabu Siliwangi.

Jika Anda kesulitan mencari lokasi wisata air terjun curug cimahi, silahkan gunakan jasa rental mobil di Bandung yang akan siap mengantar Anda. Lagi pula harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau kok.

Curug Panganten

Curug yang dulunya bernama Curug Sewu ini berubah nama karena ada kejadian alam yang membuat ia dinamakan Curug Panganten. Curug ini berada di ketinggian 1050 mdpl dan untuk ketinggian air terjunnya sampai 50 meter. Lokasinya berada di Desa Padaasih, Cisarua, Bandung Barat.

Curug Sawer

Wisata air terjun di Bandung yang berada di Desa Cililin, Cililin, Bandung Barat ini secara resmi dikelola oleh KPK Perhutani. Dimana Curug tersebut mempunyai luas sampai 7 hektar. Lokasinya berada di ketinggian 1700 meter. Untuk yang ingin berenang di air terjun, maka bisa berkunjung ke Curug Sawet ini.

Curug Tilu Leuwi Opat

Tidak berbeda dengan Surabaya yang memiliki tempat wisata kekinian, Bandung juga memiliki tempat wisata kekinian berupa air terjun Leuwi Opat. Lokasinya berada di Desa Cihanjuang Rahayu, Parongpong Lembang. Harga tiket Curug Tilu Leuwi Opat terbilang murah hanya Rp 6000 saja. Dan di dekat Curug juga terdapat wisata Villa Istana Bunga.

Curug Cilengkrang

Tempat Wisata air Terjun di Bandung Curug Cilengkrang

Salah satu Curug di Bandung yang ada di daerah Gunung Manglayang adalah Curug Cilengkrang. Dimana Curug ini mempunyai rangkaian air terjun sampai 2 kilometer. Lokasinya yang berada cukup jauh serta akses jalan yang belum memadai, membuatnya sulit untuk dikunjungi. Sehingga buat anda yang ingin ke air terjun ini, wajib untuk membawa pemandu.

Curug Jompong

Curug ini memiliki keunikan karena terbentuk dari batuan purba. Sehingga tidak heran jika Curug Jompong sangat populer di kalangan wisatawan dan para ahli geologi di Dunia. Bahkan sampai terkenalnya, ada orang bule bernama Van Bemmelen membuat buku The Geology of Indonesia yang dalam buku tersebut terdapat nama Curug Jompong.

Curug Maribaya

Curug Maribaya merupakan sebuah wisata air terjun di Bandung yang dikelola oleh Swasta, dan kini sudah berubah menjadi Resort. Disini anda akan menikmati berbagai macam fasilitas seperti kolam pancing talaga giri, kolam tangkap ikan, area barbeque saung iteung dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga wisata ini menjadi destinasi wisata air terjun keluarga yang menarik di kota Bandung.

Curug Dago

Curug Dago merupakan Curug di kota Bandung yang memiliki sejarah karena disitu terdapat 2 prasasti batu tulis. Konon batu prasasti tersebut peninggalan Raja Chulalankorn dan Raja Pradjathipok Pharaminthara yang dulunya berkunjung ke Curug Dago. Lokasi curug ini berada di Desa Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung.

Curug Malela

Curug ini terkenal juga dengan Niagara Mini, karena curug tersebut memiliki lebar air terjun sampai 70 meter dan ketinggian 60 meter. Lokasinya berada di desa Cidadas, Rongga, Bandung Barat. Konon Curug Malela muncul karena akibat dari letusan Gunung Api Purba jaman dahulu.

Itulah deretan tempat wisata air terjun di Bandung yang sedang populer dan bisa digunakan untuk berenang. Silahkan anda gunakan informasi ini untuk referensi tempat wisata yang wajib di kunjungi jika anda ingin ke kota Bandung.